Rabu, 14 April 2010

Tugas 4 Matrik EFAS dan IFAS Pada PT Kalbe Farma

Internal Factor Analysis Summary ( IFAS)
Internal Strategic Factors Weight Rating Weighted Score Comments

Strengths
  • S1 Manajemen yang berpengalaman 0.11 3 0.33 Pengetahuan dalam bidangnya
  • S2 Reputasi perusahaan 0.15 3 0.45 Telah diakui di kawasan Asia Tenggara
  • S3 Inovasi produk 0.10 2 0.20 mengembangkan obat-obatan dengan rumusan kimia
baru baik dengan kemampuan sendiri ataupun aliansi strategis dengan mitra
internasional
  • S4 Produksi 0.02 1 0.02 berstandar internasional dan bersertifikasi
  • S5 Penggabungan 0.17 3 0.51 penggabungan usaha dengan Dankos dan PT Enseval
memberikan peluang Kalbe dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas
Weakness
  • W1 Bahan baku 0.15 4 0.60 kurang berkembangnya industri kimia hulu yang bisamenopang pengadaan intermediates dasar pembuatan obat
  • W2 Aspek pemasaran dan distribusi 0.12 4 0.48 hasil produksi industry farmasimasih belum seimbang baik secara kualitatif dan kuantitatif
  • W3 Ekspansi 0.10 3 0.30 ekspansinya ke noncore-business seperti ke bisnisproperty (PT Kalbe Land) dan pendidikan (STIE Kalbe) dapat mengakibatkankurang fokusnya perusahaan dalam pengembangan bisnis farmasi
  • W4 Aspek regulasi 0.05 1 0.05 regulasi industry farmasi di Indonesia cukup beratØ W5 Banyaknya jenis bahan baku 0.03 2 0.06 mencapai 6000 items sehingga pemakainper item yang tidak memenuhi skala produksi ekonomis
        Total 1.00 3.00

External Factor Analysis Summary (EFAS)
External Strategic Factors Weight Rating Weighted Score Comments

Opportunities
  • O1 Banyaknya penduduk Indonesia 0.12 3 0.36 masih rendahnya konsumsi obatperkapita menyebabkan pasar potensial yang bisa dikembangkan
  •  O2 Jumlah penduduk di ASEAN 0.11 4 0.44 populasi yang mencapai 8% dari pendudukdi dunia menciptakan peluang perusahaan untuk masuk ke 6 besar pasar utama di ASEAN
  •  O3 Tenaga dokter spesialis 0.04 2 0.08 kecenderungan berkembangnya systempenanganan kesehatan yang wajar yang dapat menyalurkan tenaga dokter termasukdokter spesialis yang dibutuhkan
  • O4 kantor perwakilan 0.08 3 0.24 perusahaan membangun kantor perwakilan disetiapnegara tujuan yang dari survey internal berpotensi bagi pengembangan produkekspornya
  • O5 Distibutor lokal negara tujuan ekspor 0.10 3 0.30 perusahaan menunjukdistributor lokal di masing-masing negara tujuan ekspor untuk memasarkan produk

Threats
  •  T1 Kompetitor internasional 0.10 3 0.30 Kalbe masih belum bias bersaing denganproduk dari AS
  •  T2 Legal sistem 0.10 2 0.20 belum dapat menangani obat palsu secara efektifsehingga harga obat menjadi lebih sulit untuk dikontrol
  •  T3 Undang-undang paten 1997 0.07 1 0.07 karena adanya produk-produk baru yangmasih dilindungin paten, menjadi sulit untuk mengembangkan produknya
  • T4 Krisis ekonomi 0.13 4 0.52 Mempengaruhi daya beli masyarakat Indonesia
  •  T5 Kompetisi internal 0.15 4 0.60 karena penggabungan dari 3 perusahaan, adanyapersaingan produk-produk yang sejenis

    Total 1.00 3.11

Strategic Factor Analysis Summary (SFAS)
Weighted InterKey Strategic Factors Weight Rating Score Short mediate Long Comments
  • S1 Manajemen yang berpengalaman 0.10 3 0.30 x Pengetahuan dan pengalaman
  • S2 Reputasi perusahaan 0.12 4 0.48 x Dikenal luas dan telah diakui di Asia
  • S5 Penggabungan 0.10 4 0.40 x penggabungan usaha dengan Dankos dan PT Ensevalmemberikan peluang Kalbe dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas
  •  W1 Bahan baku 0.10 4 0.40 xx kurang berkembangnya industri kimia hulu yang bisamenopang pengadaan intermediates dasar pembuatan obat
  • W2 Aspek pemasaran dan distribusi 0.06 3 0.18 x hasil produksi industry farmasimasih belum seimbang baik secara kualitatif dan kuantitatif
  •  O1 Banyaknya penduduk Indonesia 0.11 3 0.33 xx masih rendahnya konsumsi obatperkapita menyebabkan pasar potensial yang bisa dikembangkan
  •  O2 Jumlah penduduk di ASEAN 0.13 4 0.52 x populasi yang mencapai 8% daripenduduk di dunia menciptakan peluang perusahaan untuk masuk ke 6 besar pasar utama di ASEAN
  • T4 Krisis ekonomi 0.13 4 0.52 x x Mempengaruhi daya beli masyarakat Indonesia
  • T5 Kompetisi internal 0.15 4 0.60 x x karena penggabungan dari 3 perusahaan,adanya persaingan produk-produk yang sejenis
         Total 1.00 3.73

Rating yang digunakan: 1 = kurang berpengaruh .2 = cukup berpengaruh. 3 = berpengaruh .4 = sangat berpengaruh

0 komentar:

Posting Komentar