Sabtu, 10 April 2010

Ikan Teri

       Ikan teri atau ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil anggota keluarga Engraulidae. Nama ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan.Walaupun anggota Engraulidaei ada yang memiliki panjang maksimum 23 cm, nama ikan teri biasanya diberikan bagi ikan dengan panjang maksimum 5 cm. Moncongnya tumpul dengan gigi yang kecil dan tajam pada kedua-dua rahangnya. Mangsa utama ikan ini ialah plankton.

      Di kawasan sekitar Selat Malaka dan Laut Cina Selatan, ikan ini biasa digoreng dan dihidangkan dengan sambal bersama-sama nasi hangat atau nasi lemak. Ikan ini juga dihaluskan berbentuk tepung. Di Vietnam, saus ikan - simbol tidak resmi negara itu - dibuat dengan bahan utama ikan teri.

        Setelah kita tahu ikan teri apa, sekarang apa saja manfaat dari ikan teri tersebut???
          ikan teri jengki mengandung kalsium dan fluor dalam bentuk senyawa CaF2 dalam konsentrasi yang cukup besar. Karena ikan ini mudah rusak, perlu dilakukan suatu cara untuk mengawetkannya. Cara yang lazim dipakai adalah pengasinan. Ternyata, proses pengawetan maupun pemasakan ikan teri jengki ini tidak mempengaruhi CaF2 yang dikandungnya. Kandungan kalsiumnya yang tinggi membuat ikan teri jengki ini sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Ikan teri merupakan sumber kalsium yang tahan dan tidak mudah larut dalam air. Selain itu, fluor yang dikandungnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi. Fluor adalah elemen penting dalam mencegah karies atau lubang gigi. Fluor akan bereaksi dengan hidroksi apatit yang terdapat pada email gigi menjadi senyawa fluor apatit yang lebih tahan terhadap asam. Dengan demikian mineral gigi menjadi tidak mudah larut dan karies lebih sulit terjadi.
       Dalam bidang kedokteran gigi, fluorida sudah lama meraih popularitas sebagai agen anti karies. Produk yang mengandung fluor ini dipasarkan dalam berbagai bentuk, seperti obat kumur, suplemen, dan aplikasi fluor topikal dan pasta gigi. Selain itu, fluor banyak terkandung dalam makanan laut dan teh. Pada ikan laut, ion fluor ini banyak terdapat dalam kulit dan tulangnya. Saat kita mengkonsumsi ikan teri, hampir seluruh bagian tubuh ikan ini turut dikonsumsi, termasuk tulangnya. Maka dari itulah, ikan teri jengki menjadi sumber fluor yang relatif lebih mudah didapat dan murah harganya.

Komposisi 100 gr / 1 ons ikan teri :

* Protein 33,40%
* Lemak 3,00%
* Fosfor 1,50%
* Besi 0,0036%
* Vitamin B1 0,15 mg %
* Energi 77 kkal
* Kalsium 500 mg – 1200 mg
* Vit A RE 47

Menurut sumber yang lainnya kandungan nutrisi dalam 85 gram teri segar :

* Calories: 111.35
* Total Fat: 4.114 g
* Saturated Fat: 1.09 g
* Monounsaturated Fat: 1.005 g
* Polyunsaturated Fat: 1.391 g
* Cholesterol: 51 mg
* Sodium: 88.4 mg
* Total Carbohydrate: 0 g
* Dietary Fiber: 0 g
* Sugars: 0 g
* Protein: 17.298 g
* Vitamin A: 42.5 IU
* Vitamin C: 0 mg
* Calcium: 124.95 mg
* Iron: 2.763 mg

Jadi coba biasakan makan ikan teri 50 gr saja sehari maka sehatlah selalu tulang dan gigi anda. Amin. 

http://puskesmassimpangempat.wordpress.com
http://www.tambur.co.tv/2009/06/manfaat-ikan-teri.html
http://agusyantono.wordpress.com/2010/03/19/mengenal-manfaat-ikan-teri/

0 komentar:

Posting Komentar