Sabtu, 27 Maret 2010

KANKER SERVIKS

KANKER SERVIKS



          Pasti kita sering mendengar tentang kanker serviks, tapi belum tahu apa itu kanker serviks???, apa gejalanya dan bagaimana penaggulangannya. Di sini saya ingin memberi Informasi tentang kanker serviks. Karena  Indonesia sendiri, diperkirakan setiap harinya terjadi 41 kasus baru kenker serviks dan 20 perempuan meninggal dunia karena penyakit kanker serviks. Sekarang saya akan menjelaskan tentang kanker serviks


           Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah jenis penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim. Yaitu, bagian rahim yang terletak di bawah, yang membuka ke arah liang vagina. Berawal dari leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh.



Penyebab Kanker Serviks

        Umumnya kanker serviks mulai menyerang dari leher rahim ( bagian dari uterus atau rahim) dan kemudian mencapai vagina. Kanker ini akan menyebar secara bertahap bila tak terdeteksi secara dini dan diberikan pengobatan.
        Lalu apa penyebab terjadinya kanker pada leher rahim? Penyebab paling umum adalah serangan virus HPV (human papillomavirus). Ada 100 tipe virus HPV yang teridentifikasi dan kebanyakan tidak berbahaya serta tidak menunjukkan gejala. Sebanyak 40 tipe HPV dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Sasarannya adalah alat kelamin dan digolongkan menjadi dua golongan yaitu tipe HPV penyebab kanker dan HPV beresiko rendah.
        Terdapat 15 jenis tipe yang menyebabkan kanker yang dapat mengarah kepada kanker serviks, yakni HPV 16, 18, 45 dan 31 yang merupakan penyebab lebih dari 80 persen kasus kanker di Asia Pasifik dan dunia.

APA ITU HPV?

       Human Papillomavirus, atau HPV, adalah virus yang menginfeksi area Kulit dan organ Kelamin. Ada lebih dari 100 jenis tipe HPV yang sudah diidentifikasi. Sebagian menginfeksi kulit dan menghasilkan kutil. Sebagian menginfeksi organ Kelamin dan menghasilkan kutil pada organ kelamin. Sementara sebagian lagi menginfeksi organ kelamin yang mengarah ke Kanker Mulut Rahim. Virus-virus tersebut juga bisa menyebabkan Kanker Vagina, Penis dan Anus.

Beberapa faktor risiko terkena kanker serviks antara lain:

- Mulai melakukan hubungan seksual pada usia muda.
- Sering berganti-ganti pasangan seksual.
- Sering menderita infeksi di daerah kelamin.
- Melahirkan banyak anak.
- Kebiasaan merokok (risiko dua kali lebih besar).
- Defisiensi vitamin A,C,E.

Gejala Kanker serviks pada stadium dini sering tidak menunjukan gejala atau tanda-tandanya yang khas, bahkan tidak ada gejala sama sekali. Namun, gejala yang sering timbul pada stadium lanjut antara lain adalah :
- Pendarahan sesudah melakukan hubungan intim.
- keluar keputihan atau cairan encer dari kelamin wanita.
- Pendarahan sesudah mati haid (menopause).
- Pada tahap lanjut dapat keluar cairan kekuning-kuningan, berbau atau bercampur darah, nyeri             panggul atau tidak dapat buang air kecil. 

Bagaimana penularannya

Penularan virus HPV bisa terjadi melalui hubungan seksual, terutama yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Penularan virus ini dapat terjadi baik dengan cara transmisi melalui organ genital ke organ genital, oral ke genital, maupun secara manual ke genital. Karenanya, penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim tidak terlalu berpengaruh mencegah penularan virus HPV. Sebab, tak hanya menular melalui cairan, virus ini bisa berpindah melalui sentuhan kulit.
 
Siapa Yang Beresiko Terkena Kanker Serviks?

Setiap wanita beresiko terjangkit kanker serviks selama hidup mereka tanpa memandang usia dan gaya hidup. Ini dikarenakan HPV merupakan visus yang umum dan mudah ditularkan melalui kontak kulit kelamin. Meski dalam berhubungan intim, pasangan dari wanita tersebut sudah mengenakan kondom, namun sayangnya penyebaran HPV tak dapat sepenuhnya melindungi wanita dari infeksi HPV.
 
Baik wanita muda maupun dewasa beresiko terkena kanker serviks yang disebabkan oleh infeksi atau infeksi berulang yang disebabkan oleh HPV penyebab kanker. Diperkirakan 50-80 persen wantia mendapatkan infeksi HPV melalui kontak kelamin dalam hidup mereka dan sampai dengan 50 persen infeksi tersebut berpotensi menyebabkan kanker. Resiko sudah dimulai dari kontak seksual pertama kali yang dilakukan oleh wanita.

Pengobatan
Seperti pada kejadian penyakit yang lain, jika perubahan awal dapat dideteksi seawal mungkin, tindakan pengobatan dapat diberikan sedini mungkin. Jika perubahan awal telah diketahui pengobatan yang umum diberikan adalah dengan:

  1. Pemanasan, diathermy atau dengan sinar laser.
  2. Cone biopsi, yaitu dengan cara mengambil sedikit dari sel-sel leher rahim, termasuk sel yang mengalami perubahan. Tindakan ini memungkinkan pemeriksaan yang lebih teliti untuk memastikan adanya sel-sel yang mengalami perubahan. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh ahli kandungan.
Jika perjalanan penyakit telah sampai pada tahap pre-kanker, dan kanker leher rahim telah dapat diidentifikasi, maka untuk penyembuhan, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:
  1. Operasi, yaitu dengan mengambil daerah yang terserang kanker, biasanya uterus beserta leher rahimnya.
  2. Radioterapi yaitu dengan menggunakan sinar X berkekuatan tinggi yang dapat dilakukan secara internal maupun eksternal.
Gambar Kanker Serviks Kronis

gambar kanker serviks kronis


Sumber : 
http://www.infoceria.com/2010/03/mengenal-kanker-serviks-penyakit-kanker.html
http://ranywaisya.wordpress.com/2009/05/06/waspadai-kanker-servik/http://unordinary-world.blogspot.com/2009/04/penyebab-kanker-leher-rahim-human.html
http://otakberpikir.wordpress.com/2009/11/15/apa-itu-kanker-serviks/
http://embraceourselves.wordpress.com/hpv-facts/







Selasa, 09 Maret 2010

Waspadai MSG Pada Makanan

Waspadai MSG  Pada Makanan

      Meski pemerintah sudah mengeluarkan undang-undang yang melarang produksi dan peredaran makanan yang tidak memenuhi standar kesehatan, namun dalam kenyataannya beragam jenis makanan yang mengandung bagan-bahan berbahaya masih beredar di pasaran.

      Salah satu bahan penyedap makanan yang kerap kali dikonsumsi masyarakat adalah Monosodium Glutamate atau yang biasa disebut vetsin atau michin. Ternyata dibalik kenikmatan vetsin atau MSG ini, disinyalir berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan anak-anak. Banyak ditemukan pada makanan ringan/snack. Dan biasanya juga snack shop kadang tidak menghiraukan apa yang mereka jual.

      MSG adalah garam natrium(sodium) dari asam glutamat (salah satu asam amino non-esensial penyusun protein). MSG dijual sebagai kristal halus berwarna putih, dan penampakannya mirip gula pasir atau garam dapur.

       Glutamate adalah asam amino (amino acid) yang secara alami terdapat pada semua bahan makanan yang mengandung protein. Misalnya, keju, susu, daging, ikan, sayuran. Glutamate juga diproduksi oleh tubuh manusia dan sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh dan fungsi otak. Setiap orang rata-rata membutuhkan kurang lebih 11 gram Glutamate per hari yang didapat dari sumber protein alami.

      Monosodium Glutamate adalah zat penambah rasa pada makanan yang dibuat dari hasil fermentasi zat tepung dan tetes dari gula beet atau gula tebu. Ketika MSG ditambahkan pada makanan, dia memberikan fungsi yang sama seperti Glutamate yaitu memberikan rasa sedap pada makanan. MSG sendiri terdiri  dan air, sodium dan Glutamate.
         Secara sederhana MSG dibagi menjadi dua jenis, yakni alami dan buatan. MSG yang alami sehat untuk dikonsumsi. Sedangkan yang buatan, dan justru banyak beredar, sangat berpotensi mendatangkan gangguan kesehatan.

       Jika dugunakan secara berlebihan, MSG mempunyai efek negatif  terhadap tubuh.12 gram MSG per  hari dapat menimbulkan gangguan lambung, gangguan tidur dan mual-mual. Bahkan beberapa orang ada yang mengalami reaksi alergi berupa gatal, mual dan panas. Tidak hanya itu saja MSG juga dapat memicu hipertensi, asma, kanker serta diabetes, kelumpuhan serta penurunan kecerdasan.

        Sebelum tahun 60-an MSG digunakan golongan masyarakat baik ibu rumah tangga maupun restoran di Cina, Jepang, Kore, Thailand, Vietnam dan Myanmar. Takarannya pun sangat kecil sekali, yakni 1-2 kurek kuping (setara dengan 30-60 Mg) untuk setiap porsi makan ala Cina, mie atau bakso, pangsit. Makanan Tradisional dan lokal asli tidak menggunakan sama sekali, karena sudah terasa lezat dan gurih oleh ramuan bumbu rempah.

        Pada dasarnya MSG tidak dibutuhkan untuk jenis masakan Indonesia karena sudah banyak bahan-bahan yang membuat lezat pada makanan Indonesia, jika di tambah lagi MSG maka itu berarti berlebihan. Disamping itu, MSG berfungsi mengintensifkan rasa gurih dari produk daging dangingan utamanya.


         Jika pun diperlukan pengganti MSG biasanya adalah yeast extract (ekstrak khamir), atau moromi (hasil fermentasi kedele) atau bubuk kecap. Untuk itu, demi kesehatan tubuh kita terutama anak-anak, hindari penggunaan MSG yang  berlebihan dalam masakan dan makanan dan sebaliknya mengganti penyedap masakan anda dengan garam dan gula atau tidak memakainya sama sekali.

          Jadi hati-hatilah misalnya dalam mengkonsumsi snack, emang ada snack yang sehat?? Kalo snack biasanya kurang memperhatikan ini termasuk produsen, yang penting, laku! 






Diolah dari berbagai sumber
         

 
 
  

Sabtu, 06 Maret 2010

TUGAS 2 : Manajemen Strategis

Visi , Misi dan Strategi Perusahaan :

Misi sebuah organisasi adalah tujuan atau alasan mengapa organisasi itu bisa berjalan. Bagaimana visi dan mis dirumuskan? Pertama diawali oleh pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi dan pengendalian. Perumusan strategi adalah pengembangan rencana jangka panjang untuk manajemen efektif dari kesempatan dan
ancaman lungkungan, dilihat dari kekuatan dan kelemahan perushaan. Perumusan strategi meliputi menentukan misi perusahaan, menentukan tujuan-tujuan yang dapat dicapai, pengembangan strategi dan penetapan pedoman kebijakan. 
       Visi dan misi yang baik bisaanya mendefinikian tujuan mendasar dan unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Dan mengidentifikasi jangkauan operasi perusahaan daam produk yang ditawarkan dan pasar yang dilayani. Misi mengembangkan harapan pada karyawan dan mengkomunikasikan pandangan umum untuk kelompok pemegang saham utama dalam lingkungan kerja perusahaan. Misi memberitahukan siapa kita dan apa yang kita lakukan.

Ini Beberapa Misi dan Visi Perusahaan

Makanan/ Franchice

• Bandar Djakarta

VISI Bandar Djakarta
• Membuat semua pengunjung 'Pulang Dengan Tersenyum'
• Menjadikan Bandar wisata sebagai pilihan untuk wisata kuliner 'Eatainment'

MISI Bandar Djakarta
• Selalu menyediakan hidangan laut yang segar dan berkualitas,
• Menyediakan fasilitas-fasilitas terbaik untuk semua customer,
• Melayani customer sebaik mungkin,
• Selalu ramah,
• Memperhatikan kebersihan dan kesehatan karyawan dan area restaurant

STRATEGI BANDAR DJAKARTA
Strategi yang di terapkan di Bandar Djakarta
• Orisinil! Kita bisa memilih sendiri makanan laut yang akan kita santap! Pilih ukuran, bentuk, kesegaran, dan cita rasa yang anda inginkan, kemudian nikmati hidangan tersebut di meja makan anda.
• Menyenangkan! Suasananya tidak bisa ditemukan lagi dimanapun di Jakarta, ditemani suara ombak dan semilir angin laut, anda akan dimanjakan dengan suasana restoran klasik yang tiada duanya.
• Segar! Semua makanan laut berasal dari sumber yang sangat dekat dengan lokasi anda makan. Pasar ikan tempat anda memilih tidak berbau amis, karena bahan makanan sudah dipertahankan kesegarannya.
• Lengkap! Berbagai variasi makanan laut ada di Bandar Djakarta, berbagai jenis cara masak dan saus yang dapat dikombinasikan, belum lagi variasi minuman 'home-made' yang kami ciptakan. Dan kami terus menerus menambahkan variasi makanan kami!
• Murah! Berbeda dengan restoran seafood lain, makan di Bandar Djakarta akan membuat anda kaget karena harganya yang sangat murah dibandingkan dengan suasana, cita rasa masakan, dan pengalaman yang anda dapatkan.

  • McDonald's
VISI McDonald's
Visi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's
Indonesia adalah to be the world’s best quick service restaurant experience (Menjadi
restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di
seluruh dunia). McDonald's menjadi terbaik dalam artian :

a. Untuk McDonald's
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di
seluruh dunia.
b. Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan
dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap
kunjungan mereka di seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan
tersenyum.
c. Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di
lingkungan mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat
sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena
keberadaan McDonald's.
d. Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan
mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang
memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.
e. Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik,
pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh
karyawan.
f. Untuk Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang
profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.
g. Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling
besar pada industri ini.
h. Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang
bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam
rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan
kepemimpinan McDonald's.

MISI McDonald's
Misi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia
adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan
pada restoran McDonald's”.

STRATEGI McDonald's
a. Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari
50.000 restoran.
b. Brand McDonald's menyentuh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita
melakukan bisnis.
c. McDonald's sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di
seluruh dunia.
d. Restoran dimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial.
e. Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu
makanan yang beragam.
f. Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik,
pemasok barang, dan perusahaan.
g. Brand yang sukses dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan
perusahaan.


TELEKOMUNIKASI

  • TELKOM INDONESIA
VISI TELKOM
To become a leading InfoCom player in the region Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.

MISI TELKOM
Telkom mempunyai misi memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.
Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.

STRATEGI TELKOM
TELKOM terus berupaya memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya. Untuk mewujudkan komitmennya tersebut, TELKOM bermitra dengan perusahaan-perusahaan global yang terbaik di bidangnya. Di bawah ini adalah perusahaan yang menjalin kemitraan strategis dengan TELKOM Indonesia:
1. PT. Siemens Indonesia
2. PT. NEC Indonesia
3. PT. Industri Telekomunikasi Indonesia
4. PT. Compact Microwave Indonesia
5. PT. Alcatel Indonesia
6. Tomen Corporation
7. Llyod's Register Assurance Limited
8. SingTel
9. JICA (Japan International Cooperation Agency)
10. CISCO
11. KPN Netherlands
12 Mercer Cullen Egan Dell
13. AEOP (Australian Expert Overseas Program)
14. PT. ERICSSON INDONESIA
15. KONSORSIUM SIEMENS
16. PT. KRAKATAU INDUSTRIAL ESTATE
17. KYOWA EXEO CORP
18. PT. MCPHEE ANDREWARTHE CED LTD
19. PT. MOTOROLLA INDONESIA
20. NAMYANG TELECOM CO., LTD
21. NANTERE FRANCE
22. PT. NEC CORPORATION
23. NIPPON TELECOMM CONS Co LTD
24. PDC - PHILIPS DEVELOPMENT CORP
25. TELECOM NEW ZEALAND LTD
26. TELECON LTD
27. PHILIPS AUSTRALIA LTD
28. FRANCE TELECOM
29. FUJITSU
30. FURUKAWA ELECT
31. HITACHI KABEL Ltd
32. HYUNDAI
33. SAMSUNG Electronics
34. SINGAPORE TELECOMM
35. SPARCOMM (COMSTREAM)
36. TRT-TEL RADIO-ELECTRIQUEST et
37. UNIPHONE USHASAMA SDN BHD

• PT INDOSAT Tbk

VISI PT INDOSAT Tbk :
Menjadi Penyelenggara Jasa dan Jaringan Telekomunikasi Terpadu Berfokus Seluler/Nirkabel, yang Terkemuka di Indonesia.

MISI PT INDOSAT Tbk :
Memperkuat strategi tiering
§ Peningkatan trafik dari basis pelanggan sendiri
§ Bundling dengan jasa-jasa selular
§ Memanfaatkan jaringan FWA yang telah digelar
§ Memasuki bisnis SLJJ melalui pelanggan korporat
di kota-kota tertentu
§ Perluasan jasa broadband secara nasional
§ Mengembangkan sinergi antara bisnis MIDI di
bisnis dan infrastruktur


STRATEGI :
• Fokus pada Pertumbuhan Seluler
• Mempertahankan Usaha SLI dan Memasuki Usaha SLJJ dan FWA
• Menumbuhkan Usaha MIDI melalui Sinergi antar Unit Usaha
• Meningkatkan efisiensi dan mengembangkan sinergi

STRATEGI BIDANG SDM
• Pengembangan SDM
• Pendayagunaan SDM
• Transformasi Budaya
• Standarisasi Sistem
• Organisasi yang Adaptif


TRANSPORTASI

  • CIPAGANTI
VISI CIPAGANTI
Menjadi perusahaan tingkat dunia yang menyediakan jasa penyewaan peralatan pembangunan dan transportasi, juga menjadi kontraktor di bidang konstruksi dan pengolahan lahan, serta membangun industri terkait. Sehingga dapat menjadi aset nasional yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Bangsa dan Negara Indonesia .


MISI CIPAGANTI
Menyediakan jasa dan kualitas produk terbaik untuk penyewaan peralatan pembangunan dan jasa kontraktor serta transportasi angkutan darat yang aman, efesien dan menguntungkan, yang dijalankan oleh profesional yang kompeten dan bermotivasi tinggi.

STRATEGI CIPAGANTI
Keberadaan sub divisi tours & airlines ticketing akan menunjang sub divisi lainnya khususnya rental, travel, shuttle, paket & kargo. Sub divisi ini akan dikembangkan dengan dua sistem yaitu under manage dan franchise, ke depannya diharapkan usaha ini dengan dua sistem tersebut dapat menjangkau seluruh provinsi potensial di Indonesia (Nasional) dan meluas hingga ke wilayah Regional.
Untuk saat ini Cipaganti Tours & Airlines Ticketing melayani jasa :
1. Penjualan tiket penerbangan domestik & internasional
2. Voucher hotel domestik & internasional
3. Paket tour domestik & internasional
4. Paket meeting
5. Insentif / group tour
Untuk mendukung kegiatan tours dan demi memajukan dunia pariwisata Nasional cipaganti menyediakan layanan bus pariwisata yang saat ini memiliki 20 armada terbaru.


JASAMARGA

VISI JASAMARGA
Menjadi Perusahaan modern dalam bidang pengembangan dan pengoperasian jalan tol, menjadi pemimpin (leader) dalam industri jalan tol dengan mengoperasikan mayoritas jalan tol di Indonesia, serta memiliki daya saing yang tinggi di tingkat Nasional dan Regional.

MISI JASAMARGA
Menambah panjang jalan tol secara berkelanjutan, sehingga Perusahaan menguasai paling sedikit 50% panjang jalan tol di Indonesia dan usaha terkait lainnya, dengan memaksimalkan pemanfaatan potensi keuangan Perusahaan serta meningkatkan mutu dan efisiensi jasa pelayanan jalan tol melalui penggunaan teknologi yang optimal dan penerapan kaidah-kaidah manajemen Perusahaan modern dengan tata kelola yang baik.


STATEGI JASAMARGA
Standar pelayanan industri jalan tol Indonesia telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 392/PRT/M/2005 tanggal 31 Agustus 2005, oleh karena itu Jasa Marga akan terus mewujudkan terpenuhinya Standar Pelayanan Minimal (SPM) melalui program-program peningkatan pelayanan transaksi, pelayanan konstruksi dan pelayanan lalu lintas. Selain dengan memenuhi SPM tersebut Jasa Marga telah melakukan upaya modernisasi dibidang pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pembayaran. Jasa Marga kini memperkenalkan transaksi elektronik atau Electronic Toll Collection (ETC) yang akan mempercepat waktu transaksi bagi pengguna jalan serta kemudahan pembayaran yang nantinya akan berlaku di seluruh jalan tol di Indonesia. Dibidang pelayanan konstruksi, Jasa Marga secara rutin melakukan pelapisan ulang untuk mempertahankan kekesatan jalan dan zero pothole serta melakukan pelebaranpelebaran pada ruas-ruas yang telah mencapai rasio kapasitas volume lalu lintas yang tinggi. Dibidang pelayanan lalu lintas Jasa Marga telah memordenisasi pelayanan berupa pemasangan CCTV, Variable Message Sign (VMS) serta adanya Traffic Information Center yang terpadu.

Selasa, 02 Maret 2010

Tugas Perbaikan Nilai Pengantar Bisnis

 
*    Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.
*          Bentuk dasar kepemilikan bisnis
Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:
  • Perusahaan perseorangan: Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
  • Persekutuan: Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
  • Perseroan: Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
  • Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
  
*        Klasifikasi
       Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat    dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba
  • Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

*   Penerapan di Dunia Kerja dalam Bidang Apa Saja

            1. HUBUNGAN BISNIS DAN MASYARAKAT
Bisnis dalam bentuk lembaga didalam bahasa Indonesia dikenal Rumah Tangga Perusahaan (RTP). RTP selalu berhubungan dengan RTK (Rumah Tangga Konsumsi). Hubungan antara Rumah Tangga Perusahaan dengan Rumah Tangga Konsumsi erat sekali dan saling membantu satu sama lainnya dalam mencapai kemajuannya.
RTK menyediakan dan RTP membutuhkan factor-faktor produksi berupa alam, tenaga kerja, modal dan skill. Kemudian RTP akan membayar harga faktor produksi ini berupa rente tanah, upah buruh, bunga modal dan laba pengusaha. Faktor-faktor produksi tadi di olah atau diproses dalam Rumah Tangga Perusahaan untuk menghasilkan barang-barang dan jasa dan dijual ke Rumah Tangga Konsumsi.
Rumah Tangga Konsumsi membayar barang dan jasa ini dengan tenaga belinya, ini disebut daya beli efektif (efective demand), artinya permintaan terhadap suatu barang yang diikuti dengan membayar harga barang tersebut. Adapula Potensil demand atau daya beli pontensil atau permintaan potensil yaitu permintaanyang baru merupakan keinginan saja belum diikuti dengan tindakan membeli karna belum cukup uang. Pada saat uangnya cukup dia baru membeli barang itu. Hubungan iniakan berjalan terus menerus, majunya RTP akan akan memberikan kepada RTK berupa kemakmuran RTK. RTP yang makin berkembang akan membutuhkan alam, tenaga kerja, modal dan skill yang makin meningkat pula.
Contoh : Pabrik PT Semen Padang , yang membutuhkan tanah, tenaga kerja, modal dan skill.
2. JENIS-JENIS USAHA DAN BENTUK PERUSAHAAN
A. Jenis-Jenis Usaha
1. Produk dan Jasa Otomotif
Pemasok otomotif ban, komponen, peralatan, jasa parker, perawatan mesin, pelapisan anti karat, pemasangan kaca film, penyewaan kendaraan, penyewaan taksi, perbaikan kendaraan (bengkel) dan lain-lain.
2. Bantuan dan Jasa Bisnis
Jasa akuntansi, administrasi, komunikasi, fotografi, periklanan, biro informasi, perantara bisnis, penyewaan computer, penasehat keuangan dan pajak dan lain-lain
3. Jasa Pendidikan
Bimbingan belajar, pelatihan keterampilan, sanggar tari, kursus musik, bahasa dan lain-lain.
4. Rekreasi dan hiburan
Hotel, kolam renang, tempat bermain indoor dan out door dan lain-lain.
5. Perawatan kesehatan, medis dan kecantikan
Jasa akupuntur, ambulan, salon kecantikan, pusat kebugaran dan lain-lain.
B. Bentuk-Bentuk Perusahaan
1. Badan Usaha Milik Negara :
    a. Perusahaan Jawatan (Perjan)
    b. Perusahaan Umum (PT Persero)
    c. Perusahaan Daerah
2. Badan Usaha Milik Swasta :
   a. Perusahaan Perseorangan
   b. Perusahaan Persekutuan :
      - Firma
      - CV (Comanditaire Vennotschap)
   c. Perseroan Terbatas
3. Badan Usaha Koperasi
3. PENGERTIAN DARI BENTUK-BENTUK BADAN USAHA
1. Badan Usaha Milik Negara
Merupakan badan usaha yang modal pendiriannya sebagian atau seluruhnya berasal dari dana pemerintah. Baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Tentunya kita sebagai pribadi tdk bisa mendirikan BUMN atau BUMD sendiri, karena ini merupakan wewenang pemerintah.
Jenis-Jenis BUMN:
a. Perusahaan Jawatan (Perjan)
b. Perusahaan Perseroan ( PT Persero) Contoh : PT Angkasa Pura (Persero), PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero)
c. Perusahaan Umum Daerah. Contoh : Perum Pengadaian, Perum Jasatirta, Perum DAMRI
2. Badan Usaha Milik Swasta
a. Perusahaan Perseorangan
Adalah perusahaan yang dikelola dan diawasi oleh satu orang, dimana pengelola perusahaan memperoleh semua keuntungan perusahaan, tetapi ia juga menanggung semua resikoyang timbul dalam kegiatan perusahaan.
Semua orang dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa izin dan tata cara tententu.
Contoh : toko kelontong, tukang asongan, pedagang kaki lima, tukang bakso dan lain-lain.
b. Perusahaan Persekutuan, yang termasuk dalam kelompk ini adalah :
1. Firma
Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
Cara mendirikan Firma:
Firma harus didirikan dengan akta otentik yang dibuat di muka notaries. Akta Pendirian Firma harus didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri yang daerah hukumnya meliputi tempat kedudukan Firma yang bersangkutan. Setelah itu akta pendirian harus diumumkan dalam Berita Negara. Tetapi karena Firma bukan merupakan badan hokum, maka akta pendirian Firma tidak memerlukan pengesahan dari Departemen Kehakiman RI.
2. CV (Comanditaire Vennotschap)
Adalah persekutuan yang didirikan oleh beberapa orang (sekutu) yang menyerahkan dan mempercayakan uangnya untuk dipakai dalam persekutuan. Para anggota persekutuan menyerahkan uangnya sebagai modal perseroan dengan jumlah yang tidak perlu sama sebagai tanda keikutsertaan di dalam persekutuan. Contoh : CV. Hayati Padang
Cara mendirikan CV :
Pendirian CV adalah sama dengan pendirian Firma, bahwa orang mendirikan CV berdasarkan Akta Notaris (Otentik), didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeriyang berwenang, dan diumumkan dalam Tambahan Berita Negara R.I.
c. Perseroan Terbatas
Perseroan terbatas adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya. Contoh : PT. Suka Fajar dan PT Sutan Kasim.
Cara mendirikan Perseroan Terbatas:
Pertama kali yang harus dilakukan adalah menetapkan anggaran dasar perseroan sebagai acuan untuk dibuatkan akta otentik sebagai akta pendirian notarisyang berwenang.
3. Koperasi
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyatyang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya.
Cara mendirikan Koperasi :
Orang-orang yang akan mendirikan koperasi terlebih dahulu mendapatkan penerangan dan penyuluhan agar memperoleh pengertian dan kejelasan mengenai maksud dan tujuan mendirikan koperasi termasuk struktur organisasi manajemen serta kegiatan usaha koperasi.
*             Klasifikasi Bisnis Yang Bergerak Dalam Bidang Komersial
Lapangan usaha yang bergerak di bidang komersial dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Usaha pertanian meliputi :
a. Tanaman pangan, yang mempunyai fungsi dasar bisnis dari pengolahan lahan, lalu menanam lahan dengan bibit tanaman, kemudian hasilnya di distribusikan ke konsumen. Contoh : Pertanian padi, perkebunan jagung dll.
b. Peternakan, yang mempunyai fungsi dasar bisnis dari pengolahan tempat atau kandang, lalu pemberian makanan pada ternak sampai ternak menghasilkan sesuatuyang dapat diproses atau di jual ke pada konsumen. Contoh : Peternakan sapi, ayam dll
2. Produksi barang mentah mempunyai fungsi dasar mengubah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang lalu dapat di distribusikan ke konsumen. Produksi Barang mentah dapat meliputi :
a. Bidang kehutanan, contohnya pengusaha rotan yang mengambil rotan dari hutan kemudian di olah di pengrajin rotan menjadi produk jadi dan di distribusikan ke konsumen
b. Bidang pertambangan, contohnya pertambangan batu bara di ombilin.
c. Bidang perikanan, contohnya tambak ikan, tambak udang dll
3. Usaha Pabrik, mempunyai fungsi dasar pengolahan bahan baku menjadi bahan jadi. Contohnya : Pabrik Roti, Pabrik Semen, Pabrik Seng dll
4. Usaha Perdagangan mempunyai fungsi dasar yaitu menjual bahan setengah jadi atau bahan jadi langsung ke konsumen. Contohnya Pedagang kaki lima, pedagang kelontong dll.
5. a. Usaha transportasi mempunyai fungsi dasar usaha jasa pengangkutan. Contohnya: Tranex, Damri dll.
a. Usaha Komunikasi mempunyai fungsi dasar usaha jasa yang bergerak di bidang telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pentingnya komunikasi. Contohnya : Telkomsel, Bakrie Telcom, Satelindo dll.
6. Usaha Financial mempunyai fungsi dasar bisnis usaha jasa yang bergerak dibidang keuangan, yang membantu konsumen dalam pemenuhan masalah keuangan. Contoh : Finance (Pengadaan Kredit), Usaha Asuransi, Usaha Koperasi simpan pinjam, Usaha Pegadaian, Usaha dana Pensiun dan lain-lain.
7. Usaha yang dilakukan pemerintah, pemerintah merupakan pembeli terbesar barang dan jasa dan merupakan bisnis yang menyerap tenaga kerja. Contohnya Koperasi Usaha Daerah.

Sumber :