Sabtu, 06 Maret 2010

TUGAS 2 : Manajemen Strategis

Visi , Misi dan Strategi Perusahaan :

Misi sebuah organisasi adalah tujuan atau alasan mengapa organisasi itu bisa berjalan. Bagaimana visi dan mis dirumuskan? Pertama diawali oleh pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi dan pengendalian. Perumusan strategi adalah pengembangan rencana jangka panjang untuk manajemen efektif dari kesempatan dan
ancaman lungkungan, dilihat dari kekuatan dan kelemahan perushaan. Perumusan strategi meliputi menentukan misi perusahaan, menentukan tujuan-tujuan yang dapat dicapai, pengembangan strategi dan penetapan pedoman kebijakan. 
       Visi dan misi yang baik bisaanya mendefinikian tujuan mendasar dan unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Dan mengidentifikasi jangkauan operasi perusahaan daam produk yang ditawarkan dan pasar yang dilayani. Misi mengembangkan harapan pada karyawan dan mengkomunikasikan pandangan umum untuk kelompok pemegang saham utama dalam lingkungan kerja perusahaan. Misi memberitahukan siapa kita dan apa yang kita lakukan.

Ini Beberapa Misi dan Visi Perusahaan

Makanan/ Franchice

• Bandar Djakarta

VISI Bandar Djakarta
• Membuat semua pengunjung 'Pulang Dengan Tersenyum'
• Menjadikan Bandar wisata sebagai pilihan untuk wisata kuliner 'Eatainment'

MISI Bandar Djakarta
• Selalu menyediakan hidangan laut yang segar dan berkualitas,
• Menyediakan fasilitas-fasilitas terbaik untuk semua customer,
• Melayani customer sebaik mungkin,
• Selalu ramah,
• Memperhatikan kebersihan dan kesehatan karyawan dan area restaurant

STRATEGI BANDAR DJAKARTA
Strategi yang di terapkan di Bandar Djakarta
• Orisinil! Kita bisa memilih sendiri makanan laut yang akan kita santap! Pilih ukuran, bentuk, kesegaran, dan cita rasa yang anda inginkan, kemudian nikmati hidangan tersebut di meja makan anda.
• Menyenangkan! Suasananya tidak bisa ditemukan lagi dimanapun di Jakarta, ditemani suara ombak dan semilir angin laut, anda akan dimanjakan dengan suasana restoran klasik yang tiada duanya.
• Segar! Semua makanan laut berasal dari sumber yang sangat dekat dengan lokasi anda makan. Pasar ikan tempat anda memilih tidak berbau amis, karena bahan makanan sudah dipertahankan kesegarannya.
• Lengkap! Berbagai variasi makanan laut ada di Bandar Djakarta, berbagai jenis cara masak dan saus yang dapat dikombinasikan, belum lagi variasi minuman 'home-made' yang kami ciptakan. Dan kami terus menerus menambahkan variasi makanan kami!
• Murah! Berbeda dengan restoran seafood lain, makan di Bandar Djakarta akan membuat anda kaget karena harganya yang sangat murah dibandingkan dengan suasana, cita rasa masakan, dan pengalaman yang anda dapatkan.

  • McDonald's
VISI McDonald's
Visi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's
Indonesia adalah to be the world’s best quick service restaurant experience (Menjadi
restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di
seluruh dunia). McDonald's menjadi terbaik dalam artian :

a. Untuk McDonald's
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di
seluruh dunia.
b. Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan
dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap
kunjungan mereka di seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan
tersenyum.
c. Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di
lingkungan mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat
sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena
keberadaan McDonald's.
d. Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan
mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang
memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.
e. Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik,
pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh
karyawan.
f. Untuk Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang
profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.
g. Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling
besar pada industri ini.
h. Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang
bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam
rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan
kepemimpinan McDonald's.

MISI McDonald's
Misi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia
adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan
pada restoran McDonald's”.

STRATEGI McDonald's
a. Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari
50.000 restoran.
b. Brand McDonald's menyentuh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita
melakukan bisnis.
c. McDonald's sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di
seluruh dunia.
d. Restoran dimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial.
e. Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu
makanan yang beragam.
f. Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik,
pemasok barang, dan perusahaan.
g. Brand yang sukses dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan
perusahaan.


TELEKOMUNIKASI

  • TELKOM INDONESIA
VISI TELKOM
To become a leading InfoCom player in the region Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.

MISI TELKOM
Telkom mempunyai misi memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.
Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.

STRATEGI TELKOM
TELKOM terus berupaya memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya. Untuk mewujudkan komitmennya tersebut, TELKOM bermitra dengan perusahaan-perusahaan global yang terbaik di bidangnya. Di bawah ini adalah perusahaan yang menjalin kemitraan strategis dengan TELKOM Indonesia:
1. PT. Siemens Indonesia
2. PT. NEC Indonesia
3. PT. Industri Telekomunikasi Indonesia
4. PT. Compact Microwave Indonesia
5. PT. Alcatel Indonesia
6. Tomen Corporation
7. Llyod's Register Assurance Limited
8. SingTel
9. JICA (Japan International Cooperation Agency)
10. CISCO
11. KPN Netherlands
12 Mercer Cullen Egan Dell
13. AEOP (Australian Expert Overseas Program)
14. PT. ERICSSON INDONESIA
15. KONSORSIUM SIEMENS
16. PT. KRAKATAU INDUSTRIAL ESTATE
17. KYOWA EXEO CORP
18. PT. MCPHEE ANDREWARTHE CED LTD
19. PT. MOTOROLLA INDONESIA
20. NAMYANG TELECOM CO., LTD
21. NANTERE FRANCE
22. PT. NEC CORPORATION
23. NIPPON TELECOMM CONS Co LTD
24. PDC - PHILIPS DEVELOPMENT CORP
25. TELECOM NEW ZEALAND LTD
26. TELECON LTD
27. PHILIPS AUSTRALIA LTD
28. FRANCE TELECOM
29. FUJITSU
30. FURUKAWA ELECT
31. HITACHI KABEL Ltd
32. HYUNDAI
33. SAMSUNG Electronics
34. SINGAPORE TELECOMM
35. SPARCOMM (COMSTREAM)
36. TRT-TEL RADIO-ELECTRIQUEST et
37. UNIPHONE USHASAMA SDN BHD

• PT INDOSAT Tbk

VISI PT INDOSAT Tbk :
Menjadi Penyelenggara Jasa dan Jaringan Telekomunikasi Terpadu Berfokus Seluler/Nirkabel, yang Terkemuka di Indonesia.

MISI PT INDOSAT Tbk :
Memperkuat strategi tiering
§ Peningkatan trafik dari basis pelanggan sendiri
§ Bundling dengan jasa-jasa selular
§ Memanfaatkan jaringan FWA yang telah digelar
§ Memasuki bisnis SLJJ melalui pelanggan korporat
di kota-kota tertentu
§ Perluasan jasa broadband secara nasional
§ Mengembangkan sinergi antara bisnis MIDI di
bisnis dan infrastruktur


STRATEGI :
• Fokus pada Pertumbuhan Seluler
• Mempertahankan Usaha SLI dan Memasuki Usaha SLJJ dan FWA
• Menumbuhkan Usaha MIDI melalui Sinergi antar Unit Usaha
• Meningkatkan efisiensi dan mengembangkan sinergi

STRATEGI BIDANG SDM
• Pengembangan SDM
• Pendayagunaan SDM
• Transformasi Budaya
• Standarisasi Sistem
• Organisasi yang Adaptif


TRANSPORTASI

  • CIPAGANTI
VISI CIPAGANTI
Menjadi perusahaan tingkat dunia yang menyediakan jasa penyewaan peralatan pembangunan dan transportasi, juga menjadi kontraktor di bidang konstruksi dan pengolahan lahan, serta membangun industri terkait. Sehingga dapat menjadi aset nasional yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Bangsa dan Negara Indonesia .


MISI CIPAGANTI
Menyediakan jasa dan kualitas produk terbaik untuk penyewaan peralatan pembangunan dan jasa kontraktor serta transportasi angkutan darat yang aman, efesien dan menguntungkan, yang dijalankan oleh profesional yang kompeten dan bermotivasi tinggi.

STRATEGI CIPAGANTI
Keberadaan sub divisi tours & airlines ticketing akan menunjang sub divisi lainnya khususnya rental, travel, shuttle, paket & kargo. Sub divisi ini akan dikembangkan dengan dua sistem yaitu under manage dan franchise, ke depannya diharapkan usaha ini dengan dua sistem tersebut dapat menjangkau seluruh provinsi potensial di Indonesia (Nasional) dan meluas hingga ke wilayah Regional.
Untuk saat ini Cipaganti Tours & Airlines Ticketing melayani jasa :
1. Penjualan tiket penerbangan domestik & internasional
2. Voucher hotel domestik & internasional
3. Paket tour domestik & internasional
4. Paket meeting
5. Insentif / group tour
Untuk mendukung kegiatan tours dan demi memajukan dunia pariwisata Nasional cipaganti menyediakan layanan bus pariwisata yang saat ini memiliki 20 armada terbaru.


JASAMARGA

VISI JASAMARGA
Menjadi Perusahaan modern dalam bidang pengembangan dan pengoperasian jalan tol, menjadi pemimpin (leader) dalam industri jalan tol dengan mengoperasikan mayoritas jalan tol di Indonesia, serta memiliki daya saing yang tinggi di tingkat Nasional dan Regional.

MISI JASAMARGA
Menambah panjang jalan tol secara berkelanjutan, sehingga Perusahaan menguasai paling sedikit 50% panjang jalan tol di Indonesia dan usaha terkait lainnya, dengan memaksimalkan pemanfaatan potensi keuangan Perusahaan serta meningkatkan mutu dan efisiensi jasa pelayanan jalan tol melalui penggunaan teknologi yang optimal dan penerapan kaidah-kaidah manajemen Perusahaan modern dengan tata kelola yang baik.


STATEGI JASAMARGA
Standar pelayanan industri jalan tol Indonesia telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 392/PRT/M/2005 tanggal 31 Agustus 2005, oleh karena itu Jasa Marga akan terus mewujudkan terpenuhinya Standar Pelayanan Minimal (SPM) melalui program-program peningkatan pelayanan transaksi, pelayanan konstruksi dan pelayanan lalu lintas. Selain dengan memenuhi SPM tersebut Jasa Marga telah melakukan upaya modernisasi dibidang pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pembayaran. Jasa Marga kini memperkenalkan transaksi elektronik atau Electronic Toll Collection (ETC) yang akan mempercepat waktu transaksi bagi pengguna jalan serta kemudahan pembayaran yang nantinya akan berlaku di seluruh jalan tol di Indonesia. Dibidang pelayanan konstruksi, Jasa Marga secara rutin melakukan pelapisan ulang untuk mempertahankan kekesatan jalan dan zero pothole serta melakukan pelebaranpelebaran pada ruas-ruas yang telah mencapai rasio kapasitas volume lalu lintas yang tinggi. Dibidang pelayanan lalu lintas Jasa Marga telah memordenisasi pelayanan berupa pemasangan CCTV, Variable Message Sign (VMS) serta adanya Traffic Information Center yang terpadu.

0 komentar:

Posting Komentar