Jumat, 09 Oktober 2009

Tulisan Di Blog

PENGERTIAN INFORMASI DIFERENSIAL


Di dalam perusahaan, banyak alternatif yang harus dipilih para manajemen yang dugunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Untuk membantu manajemen dalam menentukan alternatif yang harus dipilih maka dipergunakan suatu informasi akuntansi yang disebut informasi akuntansi diferensial.

Informasi akuntansi diferensial merupakan taksiran perbedaan aktiva, pendapatan dan biaya dalam alternatif tindakan lain. Informasi akuntansi diferensial terdiri dari aktiva, pendapatan, dan biaya.

Menurut Mulyadi (2001 : 11)

“Informasi adalah suatu fakta, data, pengamatan, propesi, atau sesuatu yang lain, yang diperlukan oleh manusia untuk mengurangi ketidak pastian dalam pengambilan keputusan.”

Menurut (Mulyadi (2001 : 107)

Pengertian informasi diferensial yaitu “informasi yang di harapkan dengan pemilihan alternatif yang merupakan taksiran perbedaan aktiva, pendapatan, dan biaya dalam alternatif tindakan tertentu dibandingkan degan alternatif lain.”

Informasi ini diperlukan oleh pihak manajemen untuk pengambilan keputusan mengenai pemilihan atau alternatif tindakan yang terbaik diantara beberapa alternatif yang tersedia, karna pengambilan keputusan selalu menyangkut masa depan, maka informasi akuntansi harus relevan adalah akuntansi informasi yang akan datang.

Pengambilan keputusan oleh pihak manajemen menggunakan informasi akuntansi diferensial terutama dalam menentukan laba diferensial yaitu selisih laba pendapatan diferensial dan biaya diferensial dari suatu keputusan dibandingkan dengan alternatif keputusan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar